Blogger Pemula, Berapa Sih Penghasilannya

penghasilan weblog
Jujur, menghasilkan uang dari blog bagi saya cuma ‘rezeki tambahan’ saja. Rezeki utama blogging itu ada pada mendapatkan teman blogger, blogwalking tambah wawasan, dan berbagi pengetahuan kepada orang lain melalui tulisan.

Hingga saya sendiri dijadikan sebagai “konsultan” keuangan dadakan oleh para pembaca dan teman-teman saya juga sebuah rezeki.

Meskipun mendapatkan uang bukan tujuan utama, saya tetap bersyukur bisa gajian dari weblog. Paling tidak cukup untuk membayar biaya blogging, seperti web hosting, domain dan whois yang nilainya sekitar Rp 1.500.000/tahun.

Awalnya saya sudah menduga akan mendapatkan uang melalui Google Adsense dan content material placement/task evaluate. Yang tidak saya duga adalah penghasilan dari afiliasi, malah jumlahnya lebih besar dari 2 sumber tadi.

Sumber penghasilan saya dari weblog, yaitu :

  • Google adsense
  • Content placement
  • Afiliasi

Saya juga akan menampilkan jumlah uang yang saya dapatkan. Hitung-hitung bisa dijadikan gambaran untuk teman blogger lain atau memberi masukan ke saya agar hasilnya lebih maksimal XD.

Tentu saja, diluar sana banyak orang yang penghasilan blognya jauh lebih besar dari saya.

Cara lainnya menghasilkan uang dari weblog :

  • Membuka Jasa
  • Menjual Produk
  • Webinar
  • Membership Program

Oh iya, blog ini saya bikin tahun 2017 dan satu-satunya yang saya miliki. Meskipun sudah berumur four tahun, saya masih menganggap sebagai blogger pemula, karena berkaca pada kemampuan blogging yang masih jalan ditempat, hehehe.

Selain itu, saya baru membuat catatan penghasilan blog dengan “serius” mulai tahun 2020.

1. Penghasilan Blog Dari Google Adsense

Saya mendaftar di google adsense pada Januari 2018. Dengan jumlah artikel masih eight (1500-an kata/artikel) dan umur blog four bulan. Sekali daftar langsung diterima di Google adsense.

Sebenarnya ulasan ini sudah saya bahas khusus di gajian pertama dari google adsense.

Well, sebelumnya saya menggunakan blogger/blogspot dengan trafik harian one thousand unik vacationer/hari, hasil dari google adsense saya dapat perhari ga lebih dari 10.000-an. Rata-rata sih Rp five.000-an, wahaha. Salah satu penyebabnya, saya hanya menampilkan 2 iklan dalam 1 artikel.

Setelah saya migrasi ke self-hosted (wordpress) April 2019 lalu, trafik saya berkurang. Sekarang sekitar 1000-1500an / hari. Hasil pendapatan iklan di GA jadi lebih besar.

Selain jumlah klik yang makin banyak karena iklan saya letakkan secara agresif setiap 18 paragraf sekali. Mungkin sekitar 3-five iklan yang muncul dalam 1 artikel. Ditambah nilai CPC dan CPM juga naik.

Perjalanan dari google adsense saya cukup panjang, dari awalnya yang cuma puluhan ribu, seratus ribuan, hingga akhirnya Rp 500.000/bulan (in line with Desember 2020).

Total pendapatan google adsense tahun 2020 : Rp three.722.463

Saya optimis, peluang naiknya pendapatan dari google adsense terbuka lebar, seiring bertambahkan artikel yang dipublish dan optimasi yang saya lakukan.

 

2. Penghasilan Blog Hasil Kerjasama

Blogger-blogger bertema khusus seperti saya ini sering diajak kerjasama oleh emblem-brand besar. Saya pernah menggarap dari Go-Jek, Akseleran, Asetku, Indogold dan banyak lagi lainnya melalui virtual organisation.

Bentuk kerjasama ada 2, yaitu :

Job Review : membuat artikel sesuai dengan brief yang diberikan
Content Placement : artikel dari klien, tugas blogger hanya publikasi saja.
Saya baru menerima content placement pada tahun 2019. Dapat orderan pada bulan April dan Mei 2019. Awalnya saya diminta untuk mereview, namun saya sedang malas, meskipun saya tahu orderan job review lebih mahal dari pada content material placement, hahaha.

Jadi, content material placement itu kita diberi artikel, lalu tinggal submit saja. Lalu, dapat bayaran.

Tentu saja saya tidak menerbitkan artikel tersebut mentah-mentah. Saya hanya menerima orderan yang berhubungan dengan tema finansial dengan maksimal 2 hyperlink didalamnya.

Selain itu, sebelum menerbitkannya saya lakukan modifying sedikit agar tidak terlalu kaku.

Jika ditanya soal harga, masing-masing blogger mematok charge card yang berbeda-beda.

Saat ini saya mematok harga content material placement seharga Rp 350.000 dan activity evaluation Rp 500.000 (harga dapat berubah sewaktu-waktu). Jika kedepannya blog ini berkembang, tentu harganya akan saya naikkan.

Saya mencatat dengan baik kerjasama tahun 2020. Ada 9 kerja sama yang saya deal-kan dengan nilai overall Rp 3.600.000.

Pendapatan job evaluation

3. Menghasilkan Uang Lewat Afiliasi
Ada banyak produk keuangan yang saya bahas, diantaranya yang mengandung komisi referal adalah investasi emas , reksa dana dan p2p lending.

Alhamdulillah, hasilnya sudah juta-an. Seperti saya bilang, hasilnya lebih besar dari 2 sumber penghasilan blog diatas.

Untuk P2P Lending saya menggunakan program Amartha dan Akseleran. Memang saya sampaikan pada artikel saya tersebut, “jika mendaftar melalui link referal saya, maka kita akan sama-sama mendapatkan komisi Rp a hundred.000.” Seperti yang tertera pada internet site resmi Amartha.

Amartha bonus

Saya pun tidak serta-merta memperoleh Rp a hundred.000 tersebut. Melainkan setelah referal melakukan investasi pertama. Sedangkan, referal yang melakukan pendaftaran melalui link saya akan langsung mendapatkan bonus Rp a hundred.000.

Contohnya seperti bulan Agustus 2020 berikut ini. Anda dapat melihat pada bagian Referral.

Referal amartha

Adapun hasil selama 2020 dari Amartha adalah Rp 900.000, Akseleran Rp 1.2 hundred.000.

Satu lagi dari Bibit, setiap kali ada yang mendaftar saya memperoleh Rp 25.000 berbentuk cashback pembelian reksa dana. Total selama tahun 2020 ada 171 orang yang mendaftar dengan kode afiliasi saya.

Jadi nilai totalnya 171 x Rp 25.000 = Rp 4.275.000

cashback reksa dana

Sebenarnya ada banyak potensi besar mendapatkan penghasilan dari afiliasi. Asal kita pandai meramu tulisan dengan baik serta kejujuran apa adanya pada artikel tersebut. Terlebih lagi jika anda memiliki blog area of interest khusus. Maka, peluang mendapatkan uang dari application ini semakin besar.

Total Penghasilan Blog Tahun 2020
Jika saya jumlahkan seluruh penghasilan sebagai blogger pemula untuk tahun 2020 seperti ini :

Sumber Penghasilan
Goolge Adsense Rp three.722.463
Content Placement Rp three.600.000
Afiliasi Rp 6.375.000
Total Rp thirteen.697.463
Saya sadar, hasilnya memang tidak seberapa dibandingkan dengan blogger lainnya yang sudah memiliki viewer ribuan/puluhan ribuan dengan hasil penghasilan yang besar pula.

Dalam hal saya menunjukkan hasil pendapatan blog ini bukan pula bermaksud pamer. Yah, kalau mau pamer pun ini jumlahnya tidak seberapa. Malah, tidak pantas untuk dipamerkan.

Saya ingin berbagi kepada blogger lainnya yang “posisi”nya dibawah saya agar terus semangat ngeblog.

Untuk pembaca yang bukan blogger, bisa mencoba kegiatan blogging ini sebagai salah satu sarana mendapatkan sampingan.

Ngeblog Tujuannya Uang, Salahkah?
Blog finansial yang selalu saya jadikan refrensi managemen keuangan pribadi Retireby40.Org mengatagorikan weblog profits sebagai passive income. Bahkan, Joe Udo si empu weblog senantiasa mengupdate informasi finansial secara berkala di weblog pribadinya tersebut.

Anda dapat melihat pada halaman Blog Income yang dibuat khusus untuk artikel penghasilan weblog yang diperolehnya. Contohnya seperti ini yang saya kutip dari weblog Retireby40 berikut ini.

 

Ngeblog tujuan dapat uang bukanlah sebuah dosa. Namun, harus memahami prosesnya karena untuk mendapatkan uang di weblog tidak mudah. Anda butuh weblog effective, artikel berkualitas, dan viewer yang banyak.

Bahkan, selain anda mengorbankan waktu, anda akan mengeluarkann uang juga untuk ngeblog, seperti website hosting, domain, plugin, theme dan lain-lain.

Saran saya sendiri : janganlah menjadikan uang sebagai tujuan utama ngeblog karena prosesnya tidak instan. Sangking lamanya untuk mencapai posisi puncak kesuksesan, anda mungkin akan bosan dan putus asa diawal.

Tapi, jadikan blogging sebagai kegiatan yang menyenangkan dan hobi. Maka, uang akan datang dengan sendirinya.

Hello Finance, Make It Fun!

Related Posts